Selasa, 01 November 2016

Cara Ini Membuat Vacuum Cleaner Anda Lebih Awet

Cara Membuat Vacuum Cleaner Anda Lebih Awet
Cara Ini Membuat Vacuum Cleaner Anda Lebih Awet - Menggunakan vacuum cleaner menjadi cara praktis untuk membersihkan rumah dari debu, khususnya di tempat yang sulit dibersihkan dengan sapu, seperti karpet dan sofa. Alat ini sudah tidak asing lagi digunakan pada rumah modern. Agar alat tersebut tetap bekerja dengan baik, perlu penggunaan dan perawatan yang benar.

Pengguna tentu tidak menginginkan bila tiba-tiba penyedot debu tersebut berhenti dan tidak dapat digunakan kembali. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar vacuum cleaner tetap terjaga keawatannya. 

Cara Penggunaan Vacuum Cleaner Agar Lebih Awet

Menurut beberapa sumber. alat tersebut sebaiknya digunakan untuk membersihkan debu di area kering. Hindari tempat-tempat basah karena butiran air yang masuk ke dalam vacuum cleaner dapat membuat bagian dalamnya menjadi lembab. Kelembaban tersebut memicu timbulnya karat pada mesin vacuum cleaner, sehingga mesin cepat rusak.

Selain cairan, sebaiknya tidak menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot partikel yang besar. Karena sampah-sampah tersebut berpotensi menyumbat selang vacuum cleaner. Penyumbatan yang terjadi dapat menyebabkan mesin panas dan terdengar suara kasar. Maka, sebelum menggunakan alat tersebut, sapu dahulu area yang akan dibersihkan dari kotoran kasar. Jika basah, tunggu tempat tersebut hingga kering. Kemudian, gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu halus yang sulit dibersihkan.

Perawatan Rutin Vacuum Cleaner Agar Lebih Awet

Disamping penggunaan yang tepat. pengguna juga perlu melakukan perawatan secara teratur. Sebelum melakukan perawatan, pastikan kabel tidak tersambung dengan listrik. Kemudian cek kantong vacuum cleaner dan buang kotoran bila sudah penuh. Menurut situs wikihow.com, jika 1/3 kantong sudah terisi sebaiknya segera dibuang. Karena, saat digunakan udara akan melewati debu tersebut.

Kantong yang penuh menuntut mesin untuk bekerja lebih keras. Selain itu, tempat yang dibersihkankan pun tidak dapat bersih sempurna. Tumpukan debu tersebut akan menyebabkan timbulnya bakteri. Kondisi itu tentu berdampak buruk bagi kesehatan keluarga. Karena itu, jangan lupa untuk membersihkan penyedot debu setelah selesai digunakan, serta ganti kantong debu secara berkala. Sebaiknya pilih kantong baru dengan ukuran dan tipe yang sesuai. Pastikan pula peralatan tersebut disimpan di tempat yang kering.

Cara Membersihkan Vacuum Cleaner Agar Lebih Awet

Beberapa bagian vacuum cleaner perlu dibersihkan secara rutin, terutama bagian sikat roll. Itu adalah bagian yang berputar untuk menyikat karpet. Karena sering berputar, bagian tersebut biasanya penuh dengan benang atau rambut yang tersangkut. Gunakan gunting untuk membersihkan bagian tersebut jika kotoran sulit ditarik dengan tangan.

Selain dibersihkan, lumasi pula bantalan roll agar tetap bergerak lancar. Bagian lain yang perlu dibersihkan adalah filter dan selang vacuum cleaner. Jika filter terbuat dari busa atau plastik pengguna dapat mencucinya hingga bersih. Tetapi. jika terbuat dari kertas. cukup goyangkan dengan tangan hingga kotoran berjatuhan. Dengan memperhatikan beberapa komponen penting tersebut. vacuum cleaner akan dapat bekerja secara maksimal. Urusan membersihkan rumah pun menjadi mudah dan praktis. (AEJSMG Sumber : Suara Merdeka

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net