Rabu, 27 Juli 2016

Tips Mudah Agar Mesin Tidak Panas, Ini Tipsnya dan Penjelasannya

Tips Mudah Agar Mesin Tidak Panas, Ini Cara dan Penjelasannya - KUNCINYA adalah AIR RADIATOR. Air radiator pada kendaraan harus dalam kondisi penuh. Keutuhannya juga harus di jaga dan jangan sampai berkurang. Apabila sampai kurang maka indikator yang berada di panel dashboard mobil akan berkedip.

Bila dipaksa mobil berjalan terus, maka bagian fail Safe yang berada di ECU akan memerintahkan mesin berhenti bekerja. itu menunjukan ada yang ketidakberesan dalam kinerja mesin karena panas. Maka tak heran dalam buku manual, pabrikan menyarankan agar keadaan air selalu dicek melalui tangki reservoir, tidak dengan membuka tutup radiator. Ini tentu dalam keadaan normal, yakni sistem pendingin mesin bekerja normal pula.

Baca Juga :


Tips Mudah Agar Mesin Tidak Panas, Ini Tipsnya dan Penjelasannya


Menurut ahli mesin otomotif Martin T Teiseran, ada beberapa penyebab mesin panas. Antara lain berasal dari sistem pendinginan air yang terganggu karena kebocoran, termostat rusak, tutup radiator lemah, kotoran menutup kisi radiator, dan putaran kipas rendah. Bisa juga karena tekanan oli rendah akibat kerusakan bearing (metal) dan pompa oli. 

Pada mesin tua, penyebabnya bisa kepala silinder keropos atau paking kepala silinder rusak. Sedangkan untuk penguapan cairan radiator dikatakan normal bergantung pada usia mesin. Pada mobil baru, di mana kondisi mesin bagus, masa pemakaiannya belum tujuh tahun, dan jarak tempuh sekitar 100.000 KM, maka penguapannya sedikit. 

Tiap penggantian oli mesin (5.000 KM) hanya butuh penambahan cairan sekitar 250 CC. Berbeda pada mobil usia pakai 19 tahun dan jarak tempuh sudah di atas 200.000 KM. Penguapan bisa lebih besar. Tapi bila tiap 1.000 km hanya membutuhkan air 250 CC ke reservoir, masih dikatakan wajar. "Pemilik mobil tua dianjurkan memeriksa permukaan oli dan air pada reservoir tiap pagi, lalu menambahnya," saran dia.

Karenanya, Martin menegaskan, sebaiknya mobil selalu direkondisi, agar bisa seperti baru. Syaratnya, radiator dan kipas angin dalam kondisi RPM tinggi dan tidak ada kebocoran. Kondisi mesin juga harus bagus, paking serta kepala silinder tidak keropos. Klep juga tidak bocor dan bersih.

Demikian Tips Mudah Agar Mesin Tidak Panas, semoga bermanfaat.

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net