Sabtu, 02 Juli 2016

Tips Menghemat Bahan Bakar

Harga bahan bakar minyak (BBM) naik, namun menghemat BBM tidak berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli mobil hibrid super irit atau mobil listrik nol emisi. Anda dapat dengan mudah mengurangi biaya bahan bakar mobil Anda hingga 10 persen melalui tips mengemudi ramah lingkungan berikut ini.


Bahan bakar merupakan barang mahal dan semakin mahal, namun para pengguna kendaraan bermotor sudah tahu hal itu. Papan harga di Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) dan angka yang berputar di pompa bahan bakar menjadi pengikat betapa besarnya uang yang kita keluarkan untuk mengisi bahan bakar mobil kita.

Namun itu semua belum seberapa. Penggunaan bahan bakar juga berdampak terhadap planet kita. Semakin banyak kita menggunakan bahan bakar, semakin banyak CO2 yang dilepaskan ke atmosfer dengan kombinasi emisi berbahaya lainnya yang tidak baik bagi manusia.

Jawaban yang jelas dari naiknya harga bahan bakar, baik terhadap kantong kita dan lingkungan, adalah menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Berikut adalah tips sederhana dan terjangkau untuk menghemat bahan bakar.

Tips untuk hemat bahan bakar

Pilih mobil yang tepat

Tentunya, sebagian besar dari kita dapat menghemat bahan bakar dengan mengendarai jenis mobil yang berbeda. Namun mendorong orang lain untuk mengganti mobil SUV mereka dengan mobil ramah lingkungan yang futuristik dan menghasilkan emisi karbon lebih kecil dari mobil dengan turbin angin bukanlah inti dari artikel ini.

Yang ingin kami sampaikan adalah selalu ada dampak positif jika Anda memilih mobil dengan bijaksana. Pikirkanlah untuk tujuan apa Anda menggunakan mobil, di mana Anda akan mengendarainya, dan berapa mil Anda akan mengemudi. Kemudian pilihlah mobil yang melakukan fungsi-fungsi tersebut, namun tidak memiliki ukuran, performa, dan fitur yang kemungkinan tidak akan pernah Anda gunakan.

Anda perlu ingat pengurangan satu liter bahan bakar dapat berarti penghematan besar jika diakumulasikan selama beberapa tahun Anda mengendarai mobil tersebut.

Berikan mobil Anda perawatan yang baik


Mobil akan menjadi lebih efisien ketika mesinnya berfungsi dengan baik. Mobil-mobil modern membutuhkan perawatan jauh lebih sedikit dibandingkan mobil-mobil terdahulu, namun mengabaikan jadwal perawatan mobil yang dianjurkan oleh pihak pabrikan mobil dapat menyababkan semua jenis masalah pada mobil, termasuk membengkaknya biaya bahan bakar.

Ketika indikator menyala di dasbor, itu merupakan waktunya Anda membawa mobil ke bengkel. Jangan tunggu 5.000 kilometer lagi atau bahkan lebih.

Lumasi mesin mobil dengan baik

Kita semua mengetahui bahwa kita harus memeriksakan oli mesin di mobil kita secara teratur , namun berapa banyak dari kita yang benar-benar melakukan hal tersebut? Jika Anda belum melakukannya, Anda harus melakukannya mulai sekarang, dan jika diperlukan isi ulang oli mobil, Anda harus pastikan Anda menggunakan oli yang tepat untuk mobil Anda. Rincian mengenai oli yang direkomendasikan harus tertera di buku panduan pengguna.

Oli berperan sebagai penyangga antar bagian mesin, sehingga menjaga pelumas Anda membantu membuat semua bagian mesin berjalan dengan mulus dan efisien.

Pompa ban mobil Anda

Salah satu bagian terpenting dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil Anda adalah dengan mengurangi jumlah energi yang dibutuhkan mobil Anda untuk melaju di jalan. Anda tidak perlu menjadi seorang fisikawan nuklir untuk menyadari bahwa jika ban mobil Anda tampak kempes, kerja mesin akan menjadi jauh lebih berat jika ban benar-benar terisi udara bertekanan tinggi.

Untuk setiap lima persen (setara dua PSI) ban mobil Anda tidak terisi udara secara penuh, konsumsi bahan bakar meningkat hingga satu persen. Penggunaan ban juga akan meningkat. Periksa tekanan ban mobil Anda setiap bulan dan pompa kembali sesuai rekomendasi yang ada di buku panduan jika diperlukan.

Pilih ban yang tepat

Ada banyak jenis ban yang tersedia di pasaran dan sebagain besar pengguna mobil tergoda untuk menggunakan ban yang paling murah. Itu bukanlah langkah yang boleh Anda ambil jika penghematan bahan bakar merupakan prioritas utama Anda.

Ban khusus ramah lingkungan mungkin harganya lebih mahal dibandingkan dengan ban-ban yang banyak digunakan, namun ban khsusu tersebut dapat menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang. Ban jenis ini menggunakan senyawa karet khusus dengan resistensi putaran yang lebih rendah sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar hingga lima persen.


Pilih bahan bakar yang tepat

Sejumlah pengendara kendaraan bermotor mengatakan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi meningkatkan penghematan biaya penggunaan bahan bakar mobil mereka, namun perusahaan-perusahaan minyak biasanya berhati-hati untuk tidak membuat klaim terhadap efek ini.

Bahan bakar jenis tersebut sering kali mengandung deterjen yang lebih canggih yang akan membuat mesin mobil menjadi lebih bersih, dan hal ini akan dapat mendatangkan keuntungan dari segi efisiensi, namun tidak ada keuntungan secara langsung dari segi ekonomi dengan memilih bahan bakar beroktan lebih tinggi daripada yang direkomendasikan di dalam buku panduan.

Hal yang dapat membantu penghematan biaya bahan bakar adalah dengan membeli bahan bakar di SPBU terkemuka untuk memastikan Anda memperoleh bahan bakar terbaik sesuai dengan kocek yang Anda keluarkan. Silakan cari SPBU yang tepat dan jika Anda mendapati merek bahan bakar tertentu memberikan penghematan yang lebih besar dan sesuai dengan kocek yang Anda keluarkan, gunakan terus bahan bakar dengan merek tersebut.

Rencanakan perjalanan Anda

Mobil merupakan bagian penting dalam hidup kita dan mudah untuk digunakan dan dikendarai tanpa perlu banyak berpikir ke mana tujuan kita. Selalu memberikan dampak yang positif jika Anda merencanakan perjalanan Anda: dengan cara itu mestinya Anda akan sampai ke tempat tujuan lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar.

Rute yang langsung ke tempat tujuan biasanya merupakan rute yang terbaik, namun upayakan untuk menghindari kemacetan dan menggunakan jalan yang lebih cepat. Jalur khusus kendaraan bermotor biasanya selalu lebih efisien dalam hal penggunaan bahan bakar dibandingkan jalan umum.

Jika memungkinkan, berkendaralah pada siang hari ketika jalanan lebih lengang dan jangan melakukan perjalanan terlalu banyak jika Anda bisa menyelesaikan beberapa keperluan sekali perjalanan.

Mesin mobil menggunakan lebih banyak bahan bakar ketika mesin semakin panas, sehingga sekali perjalanan dengan tiga atau empat pemberhentian jauh lebih baik dibandingkan bolak-balik dalam tiga atau empat kesempatan yang berbeda.


Jangan sampai tersesat

Jika Anda tersesat, Anda dapat menyia-nyiakan bahan bakar. Lupa pintu keluar tol atau mengemudi tanpa tujuan di jalan satu arah yang berkelok-kelok selama setengah jam juga cukup membuat Anda frustasi dan merupakan salah satu penyebab utama perseteruan di dalam mobil. Oleh karena itu, jangan sampai terjadi!

Merencanakan rute ke mana Anda akan pergi sangatlah penting namun kesalahan dapat terjadi, sehingga Anda perlu membawa peta, dan menggunakan sistem navigasi satelit juga ide yang bagus. Sistem navigasi satelit terbaru dapat mengarahkan Anda saat menghadapi masalah kemacetan dan bahkan menyarankan rute yang paling ekonomis ke tujuan Anda.

Matikan pendingin udara

Mobil dengan berpendingin udara dahulu dianggap simbol kemewahan namun sekarang jika mobil Anda tidak memilikinya, Anda mungkin sedang mengemudikan traktor. Walaupun bertentangan dengan kepercayaan yang ada, kita tidak bisa hanya mengendarai dengan dilingkupi udara dingin tanpa memboroskan konsumsi bahan bakar.

Sistem pendingin udara dan listrik lainnya sangat membebani aki mobil dan mesinnya yang harus melakukan pekerjaan pengisian ulangnya. Dalam beberapa kondisi, menggunakan pendingin udara bisa mengurangi penghematan bahan bakar sebesar 20 persen.

Pesannya ialah gunakan secara hemat bersama dengan pemanas kaca mobil, pendingin sampanye dan sistem audio yang mengguncang.

Tutup jendela

Jadi bagaimana jika pendingin udara tidak digunakan demi tujuan bepergian yang hemat – setidaknya kita bisa membuka jendela, bukan?

Tidak. Pada kecepatan rendah, jendela terbuka tentu saja menjadi pilihan ketimbang pendingin udara, namun semakin cepat Anda melaju, semakin terasa efek aerodinamis yang ditimbulkan.

Dalam kecepatan berkendara di jalan tol, hambatan tambahan dengan jendela terbuka bisa mempengaruhi penghematan dan sistem pendingin udara menjadi lebih efisien karena meningkatnya aliran udara.

Lepaskan rak atas

Para produsen pembuat mobil menghabiskan berjam-jam dengan menggunakan model komputer canggih dan teknologi lorong angin untuk membuat produk mereka seaerodinamis mungkin, kemudian para pembeli mereka membeli dan memasang rak tambahan di atap mobil tersebut.

Memasang rak atap akan selalu menjadi opsi yang lebih efektif dibanding membeli mobil lebih besar bagi liburan keluarga Anda ,namun saat kembali ke rumah, lepaskan. 

Hampir semua yang mengganggu aliran udara di sekitar mobil Anda akan merusak kinerja aerodinamis dan mengarah pada peningkatan konsumsi bahan bakar.

Kurangi berat tambahan pada mobil

Berat tambahan pada mobil Anda memberikan tambahan ekstra pada mesin dan mengarah pada semakin tingginya konsumsi bahan bakar dan emisi. Hal itu juga menghambat mayoritas aspek kinerja mobil mulai dari akselerasi hingga berbelok dan mengerem.

Sebagian berat mungkin penting; beberapa orang akan mempertimbangkan untuk melakukan diet guna menghemat bahan bakar dan mungkin tidak berdampak banyak jika mereka membawasemua barang di mobil mereka yang sebenarnya tidak begitu diperlukan.

Diperkirakan setiap beban 30kg dalam sebuah mobil mengurangi penghematan bahan bakar sebesar satu persen. Itu berarti menghilangkan barang-barang yang tak diperlukan yang mengacaukan berat mobil Anda bisa menghasilkan penghematan yang sebenarnya. Bahkan bahan bakar sendiri merupakan beban tambahan jadi jangan isi tangki Anda kecuali Anda membutuhkannya.  

Matikan mesin

Banyak mobil modern memiliki hal yang dikenal sebagai teknologi nyalakan-matikan, yang secara otomatis mematikan mesin saat mobil tidak bergerak untuk menghemat bahan bakar. Jika mobil Anda tidak memiliki fitur itu, Anda masih bisa melakukan penghematan dengan mematikannya secara manual.

Mesin yang menganggur menghabiskan sekitar 3,5 liter bahan bakar per jamnya. setiap saat kita terjebak di kemacetan, menunggu lampu lalu lintas atau memarkir dengan mesin tetap berjalan bisa menghabiskan lebih banyak bahan bakar dan banyak CO2 yang terbuang karena sesungguhnya tidak bepergian kemana pun.

Anda bisa mematikan mesin Anda setiap kali Anda tidak bergerak namun jika mobil tidak akan bergerak lebih dari sekitar 15 detik, Anda mungkin bisa menghemat bahan bakar dengan mematikannya.

Mengemudi yang halus  

Ok, jadi kita sudah memilih mobil, merawatnya, merencanakan rute perjalanan, mematikan perangkat elektornik yang tidak dibutuhkan dan memeriksa kursi belakang jika ada pesumo. Sekarang saatnya mengemudi.

Hal terpenting yang perlu diingat saat mengemudi untuk memaksimalkan penghematan bahan bakar adalah sehalus mungkin. Semua gerakan Anda saat menyetir, menginjak gas dan rem sebaiknya dilakukan secara lembut dan progresif. 

Anda berupaya menambah kecepatan tanpa terlalu menekan mesin dan kemudian mempertahankannya. Menginjak keras pedal dan mengemudikan mobil secara kasar tidak akan menimbulkan dampak yang diinginkan.

Jangan tergesa-gesa

Mengemudi secara ekonomis dapat tercapai secara baik saat Anda dalam kondisi tenang. Cobalah untuk santai di balik kemudi dan tidak tergesa-gesa,  kendalikan secara halus hal-hal yang Anda seharusnya lakukan berikutnya. Pengemudi yang agresif dan terlalu antusias memboroskan bahan bakar.

Perpindahan persneling

Dalam mobil dengan sistem kopling manual, pindahkan persneling secepat mungkin. Ini mengurangi beban mesin dengan menjadikan performa mobil lebih tinggi dan ekonomis secepat mungkin.

Anda tidak ingin mesin berjuang dalam kondisi kopling yang terlalu tinggi namun cobalah untuk menjaga kopling Anda serendah mungkin dengan mesin berjalan secara halus. Sebagai aturan umum, jika Anda mengemudikan mobil berbahan bakar bensin coba untuk mengubah putaran mesin hingga sekitar 2.500 rpm. Untuk mesin diesel upayakan mendekati angka 2.000 rpm. 

Kurangi kecepatan

Mengemudi lebih pelan bisa menghasilkan penghematan bahan bakar lebih besar. Rata-rata mobil Anda akan menggunakan sekitar 10 persen lebih bahan bakar saat berkendara sekitar 120km/jam dibanding saat melaju sekitar 100km/jam jadi mengadopsi laju lebih santai merupakan cara terbaik guna menghemat biaya bahan bakar.

Antisipasi

Gaya mengemudi secara halus dan ekonomis mungkin bisa dilakukan dengan pemantauan dan antisipasi. Hal tersebut krusial untuk memberikan diri Anda waktu dan ruang yang cukup di jalan untuk memprediksikan apa yang akan terjadi dan bereaksi terhadapnya.

Mengemudi terlalu cepat atau terlalu dekat dengan mobil di depannya, dapat membatasi waktu reaksi dan memaksa Anda untuk berhenti lebih keras, membuang energi kinetik yang Anda kumpulkan.

Dengan lebih banyak ruang dan sedikit kecepatan, Anda bisa melambat secara perlahan, untuk berhenti saat lalu lintas di depannya melambat. Lakukan secara benar dan lalu lintas mungkin  sudah lancar pada saat Anda tiba sehingga tidak perlu berhenti sama sekali. 

Beri tumpangan

Sekarang mobil Anda telah teroptimalisasi untuk bisa dikendarai secara hemat dan Anda dipenuhi tips tentang teknik berkendara secara ekonomis, Anda bisa memaksimalkan penghematan bahan bakar Anda dengan memberi tumpangan pada seseorang.

Satu mobil hampir selalu lebih efisien dibanding dua, jadi membawa seseorang bersama untuk bepergian merupakan cara luar biasa guna mengurangi buangan karbon Anda. Itu akan menghemat uang Anda juga,asalkan mereka membalas budi Anda.

Tinggalkan mobil Anda

Hal terakhir saat akan menghemat bahan bakar adalah tidak menggunakan mobil sama sekali.

Jika perjalanan Anda bisa ditempuh dengan berjalan kaki, sepeda atau angkutan publik, mungkin Anda bisa berpikir untuk melakukannya. Upayakan untuk mencari alternatif bepergian dengan mobil selama beberapa waktu dalam sebulan dan sebagai hasilnya Anda akan lebih hemat dan kaya.
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net