Minggu, 03 April 2016

Waktu yang tepat untuk memandikan anjing

Jangan terlalu sering memandingkan anjing.

Beberapa dokter menyarankan untuk melakukan penjadwalan rutin saat memandikan anjing. Selain itu, proses dan tata cara memandikan anjing juga akan disesuaikan dengan usia anjing. Hal ini untuk menghindari penyakit atau menurunnya kondisi tubuh. Memandikan anjing biasanya dilakukan untuk anjing dewasa. Apalagi karakter kulit dan bulu anjing dewasa dianggap sudah bisa mengantisipasi perubahan suhu pada air yang terkena langsung. Biasanya beberapa anjing ras juga membutuhkan cara yang cukup berbeda untuk memandikan anjing. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang bersih tanpa memiliki sisa bakteri atau kuman menempel pada tubuh anjing.

Sebaiknya Anda juga menyiapkan beberapa perlengkapan sederhana yang diberikan untuk memandikan anjing. Karakter bulu anjing dan kondisi kulit pada anjing memang akan memberikan pertimbangan bagi Anda untuk menentukan tata cara memandikan yang lebih mudah. Apalagi beberapa karakter dari anjing ras memiliki bulu dan kulit yang cukup berbeda. Selalu gunakan air hangat untuk membersihkan seluruh tubuh anjing. Air hangat seperti ini akan memudahkan untuk membunuh kuman bahkan kutu yang menempel di bagian terluat kulit anjing. Pilihlah shampoo yang tidak terlalu banyak mengandung busa atau bahan kimia. Apalagi hal ini juga akan memberikan pengaruh buruk pada kesehatan kulit anjing.

Mengenal karakter kulit anjing saat ingin dimandikan

Beberapa anjing ras memang memiliki karakter kulit dan bulu yang cukup berbeda. Namun, dokter hewan menyarankan untuk menghindari intensitas memandikan anjing yang terlalu berlebihan. Menurut dokter hewan, kulit anjing akan mengeluarkan minyak yang menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Hal ini juga berfungsi untuk menghindari iritasi yang sangat berlebihan pada kulit anjing. Bila Anda terlalu sering memandikan anjing, maka minyak yang melapisi bagian terluar dari kulit anjing ini akan hilang. Tentu saja hal ini akan menyulitkan anjing untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

Minyak alami pada bagian terluar kulit anjing juga berfungsi untuk menahan kotoran. Apalagi minyak ini juga dianggap akan memudahkan Anda membersihkan seluruh bagian kotoran. Sebaiknya Anda menentukan waktu yang tepat dengan jadwal yang diperhitungan dengan sangat baik. Bila terlalu sering memandikan anjing, maka kulit akan mengalami iritasi hingga luka yang cukup serius. Selain itu, jenis shampoo yang akan digunakan untuk memandikan anjing juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Bila Anda salah menggunakan jenis shampoo, maka kulit anjing akan mudah iritasi dan bulu akan cepat rontok. Hal ini juga akan mempengaruhi kondisi tubuh anjing. Mungkin Anda juga bisa melakukan konsultasi kepada dokter hewan untuk mendapatkan jenis shampoo yang sangat sesuai.

Perhitungan waktu yang baik untuk memandikan anjing

Banyak dokter hewan yang menyarankan Anda untuk memperhitungkan waktu secara rutin saat ingin memandikan anjing. Hal ini berarti Anda tidak langsung memandikan anjing setiap hari. Selain itu, kenali juga karakter kulit pada anjing yang membuat Anda juga semakin mudah untuk memandikan anjing. Beberapa saran waktu yang diberikan untuk memandikan anjing seperti:

Jadwal sekali dalam 2 minggu. Perhitungan ini adalah waktu yang sangat normal untuk memandikan anjing dewasa. Kondisi kulit selama 2 minggu juga memudahkan Anda untuk membersihkan seluruh kotoran. Namun, tata cara yang dibutuhkan untuk memandikan anjing juga harus dilakukan secara merata. Ha ini berfungsi untuk membersihkan seluruh bulu dari kotoran yang menempel dalam waktu yang cukup lama.

Kotoran pada bulu sudah terlalu lama. Bila anjing memiliki kotoran yang terlalu lama menempel pada bulu anjing, maka Anda juga bersiap untuk memandikan anjing. Namun, Anda juga harus melihat dari kondisi kotoran yang menempel itu. Bila kuantitas kotoran yang menempel tidak terlalu banyak, mungkin Anda hanya membersihkan bagian tertentu saja. Namun, apabila pada bulu anjing memiliki jumlah kotoran yang terlalu banyak, sebaiknya lakukan pembersihan dengan memandikan dan menggunakan shampoo khusus.

Sesuaikan dengan kondisi bulu anjing. Beberapa anjing ras memiliki karakter bulu yang cukup berbeda. Apalagi hal ini juga bisa memudahkan Anda untuk menentukan jadwal rutin untuk memandikan anjing. Beberapa anjing ras yang memiliki bulu cukup panjang biasanya akan memiliki intensitas yang lebih banyak. Namun, bagi anjing ras yang memiliki karakter bulu pendek, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar sebulan sekali untuk memandikan. Bila Anda merasa bahwa seluruh bagian tubuh anjing mengeluarkan bau yang tidak sedap, cukup taburkan bulu secara merata. Hal ini juga akan membuat Anjing merasa nyaman dan bebas dari bakteri atau kutu yang menempel.

Hindari gumpalan bulu setelah memandikan anjing

Setelah memandikan anjing, hindari gumpalan pada beberapa bagian bulu anjing. Gumpalan pada bulu ini sering terjadi pada beberapa anjing ras yang memiliki ukuran bulu cukup panjang. Setelah memandikan anjing, sebaiknya gunakan hairdryer untuk mengeringkan seluruh bagian. Hindari gumpalan dalam jumlah yang cukup banyak pada tubuh anjing. Gumpalan pada bulu anjing ini bisa menjadi sarang bagi bakteri atau virus yang membuat iritasi pada kulit anjing. Selain itu, gumpalan ini juga sering mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jangan menganggap remeh pada gumpalan ini dan dianggap menjadi sumber penyakit bagi kulit anjing.

Untuk memastikan anjing bebas kotoran dan bulu, sebaiknya gunakan bedak tabur pada seluruh tubuh anjing. Biasanya hal ini dilakukan setelah seluruh bulu dikeringkan dengan hair dryer. Bedak ini berfungsi untuk menangkal beberapa kutu yang membuat anjing merasakan gatal berlebih.

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net