Kamis, 07 April 2016

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Teknik Perkapalan

Masih asing dengan jurusan teknik perkapalan ? Sekedar informasi, jurusan ini merupakan jurusan teknik yang mempelajari kapal ataupun bangunan apung lainnya mulai dari perencanaan dan pembangunannya. Harapannya setelah lulus para alumni jurusan ini mampu mendesain dan mengatur jalannya sebuah kapal serta mengetahui kebutuhan daya mesin, stabilitas bahkan struktur dan pengoperasian kapal untuk memenuhi kebutuhan akan transportasi manusia. Jurusan ini masih jarang ada di kampus di indonesia. Terhitung hanya ada beberapa kampus yang memiliki jurusan ini seperti ITS dan Univesitas Hasanuddin.

Prospek kerja alumni jurusan teknik perkapalan

Prospek kerja lulusan jurusan ini pada dasarnya masih sangat luas. Namun mungkin karena belum terkenal saja sehingga belum banyak yang tahu. Salah satu prospek kerja lulusan jurusan ini adalah masuk dalam industri perkapalan yang meliputi pembangunan kapal baru atau shipbuilding, pemeliharaan kapal, atau shipyard, pembangunan industri sarana lepas pantai atau fabricator, pemeliharaan dan reparasi bangunan atau peralatan sarana lepas pantai , industri komponen peralatan kapal atau enginer dan jasa konsultasi perekayasaan atau design and enginer.

jurusan teknik perkapalan

Prospek kerja jurusan ini dalam industri perkapalan memang sedang di dorong oleh pemerintah karena bisa mendorong aglomerasi dalam industri perkapalan dan industri pendukungnya. Selain itu juga bisa mendorong kerjasama luar negeri untuk komponen kapal ataupun pembangunan base load dalam negeri untuk pengembangan industri perkapalan. Melihat hal ini tentu bidang pekerjaan lulusan ini akan semakin banyak. Selain masuk dalam industri perkapalan, lulusan jurusan ini juga bisa masuk dalam industri maritim. Prospek kerja ini merupakan bagian dari salah satu industri pelayaran, namun alumni jurusan ini sangat terbuka untuk masuk. Kegiatan industri maritim yang bisa dimasuki oleh alumni jurusan ini meliputi shipping line, ship management, ship chandler, freight forwarder, ship agencies dan mining service.

Prospek kerja dari alumni jurusan ini juga bisa masuk dalam kegiatan industri perkapalan lainnya seperti masuk menjadi tenaga galangan kapal, produsen penyediaan bahan baku kapal, produsen komponen kapal, biro klasifikasi, sub contractor, design enginer, konsultan, independent surveyor dan pemasok. Semua pekerjaan ini merupakan bagian dari industri perkapalan pada bagian manufactur atau perangkat keras dari sebuah kapal. Masih ada prospek lain yang erat kaitannya dengan industri perkapalan.

Kegiatan industri perkapalan tentunya tak akan lepas hubungannya dengan masalah ekonomi. Alumni jurusan ini juga bisa masuk dalam industri ekonomi yang berhubungan dengan perkapalan misalnya masuk dalam bagian perbankan, lembaga keuangan dan investasi, asuransi, regulator, instansi pemerintah, pendidikan dan pelatihan, bekerja di pelabuhan, perikanan, pertahanan dan keamanan , perindustrian, pariwisata , bea dan cukai, migas , pertambangan baik migas dan non migas. Untuk teknik perkapalan sendiri yang bisa di masuki oleh lulusan jurusan ini meliputi bidang perencanaan, rekayasa dan rancang bangun , sdm dengan kemampuan teori teknik perkapalan khusus untuk naval architect dan kemampuan inovasi dan kreatifitas.

Peluang kerja ahli teknik ini juga meliputi pemasaran, penjualan, estimasi, pengembangan usaha dan SDM, serta procurement, pengetahuan komponen kapal dan bisnis perkapalan. Bidang kualitas baik qa dan qc, kemampuan penguasaan peraturan dan regulasi mengenai produk perkapalan, masuk dalam perencanaan dan pengoperasian kapal, masuk dalam industri shipbuilding dan ship repair project management, masuk dalam bidang komunikasi dan wawasan bisnis industri perkapalan. Semua bagian itu menjadi prospek kerja dari alumni jurusan ini.
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net