Jumat, 08 April 2016

Ini Pekerjaan Dimasa Depan Bagi Mahasiswa Sosiologi

Kamu kuliah di jurusan yang dianggap tidak terkenal seperti sosiologi ? Jangan khawatir. Jurusan seperti justru menyimpan potensi peluang kerja yang prospektif. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di banyak sektor tidak hanya masalah sosial yang berurusan dengan penelitian saja. Alumni jurusan ini juga bisa bekerja di perbankan atau di perusahaan dan menempati posisi strategis. Kira kira apa saja prospek kerja jurusan ini ? Berikut kami berikan daftar prospek pekerjaannya.

Pekerjaan Dimasa Depan Bagi Mahasiswa Sosiologi

1. Advice worker

Pernah dengar nama pekerjaan ini ? Advice worker merupakan seorang penasihat yang menyediakan saran dan informasi bagi para pekerja untuk menangani berbagai masalah . Umumnya topik yang menjadi masalah yang bisa di selesaikan oleh advice worker meliputi masalah hukum, keuangan seperti utang, pekerjaan, perumahan bahkan pendidikan. Umumnya posisi ini tidak hanya mengkhususkan diri dalam menyelesaikan satu masalah saja. Pemberian saran dilakukan baik melalui telepon, email ataupun langsung bertemu face to face. Umumnya device worker bekerja di lembaga ataupun komunitas sosial, rumah sakit, pengadilan, pusat informasi, perusahaan dan penjara.

2. Peneliti sosial

Alumni jurusan ini pasti bisa menjadi peneliti sosial. Selama kuliah mereka telah dibekali dengan banyak materi teori sosial oleh karena itu sudah sangat biasa untuk melakukan penelitian sosial. Umumnya prospek kerja jurusan ini adalah merencanakan, merancang dan mengelola proyek penelitian. Penelitian dilakukan baik dengan menggunakan perangkat lunak ataupun dengan menganalisa dan mengumpulkan materi informasi dan diolah tanpa menggunakan software komputer. Metode penelitian harus dikuasai oleh lulusan jurusan ini baik menggunakan wawancara, kuesioner ataupun menggunakan metode penelitian lainnya. Alumni jurusan ini sudah harus sangat familiar dengan penelitian sosial. Umumnya proyek penelitian sosial ini di gunakan untuk merumuskan sebuah kebijakan baru atau mengetahui efektivitas suatu kebijakan.

3. Pekerja sosial

Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai pekerja sosial dengan masuk pada kelompok kelompok sosial tertentu. Umumnya masuk dalam kelompok sosial yang memiliki masalah. Pekerjaan mereka bisa memberikan dukungan, melakukan empowering, pendampingan ataupun turut menjalankan sebuah kebijakan untuk pemberdayaan kelompok sosial. Para pekerja sosial bekerja dengan menjalankan kerangka serta prosedur yang relevan dengan undang undang. Umumnya lokasinya ada di sekolah, rumah sakit, sektor publik lainnya.

4. Pengajar

Prospek kerja dari jurusan ini yang dapat kamu jadikan pilihan adalah menjadi pengajar. Kamu bisa menjadi pengajar baik di sekolah, di kampus atau menjadi pengajar pada pusat pusat pendidikan non formal yang dibuat oleh lembaga non profit. Tentunya lulusan jurusan ini mengajar semua tingkat tidak hanya terbatas pada siswa sekolah dasar atau sebagainya. Mengajar pada komunitas ataupun menjadi relawan sekolah alternatif bisa menjadi prospek kerja bagi lulusan jurusan ini.

5. Community develompent worker

Jika kamu masih asing dengan istilah ini, maksud dari community development worker adalah suatu komunitas atau lembaga untuk mengembangkan perubahan sosial ke arah yang lebih baik. Pekerjaan ini bertujuan untuk melakukan perubahan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang ada di daerahnya tersebut. Umumnya mereka bekerja dengan masyarakat suatu kelompok, individu untuk memberdayakan dan melakukan identifikasi aset yang dimiliki, kebutuhan, kesempatan, hak serta tanggung jawab yang dimiliki. Selain itu pekerjaan ini juga dapat di gunakan untuk mengembangkan kegiatan layanan dan menghasilkan aspirasi masyarakat. Community development worker bertugas menjadi penghubung antara masyarakat sipil dengan pengambil kebijakan.
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net