Sabtu, 02 April 2016

Hal penting tentang grooming untuk anjing

Grooming dilakukan untuk perawatan seluruh tubuh pada anjing.

Apalagi grooming yang diterapkan untuk anjing juga bisa memaksimalkan penampilan. Hal ini melibatkan perawatan bulu menjadi semakin lebih baik hingga perawatan kulit yang bebas dari banyak kutu atau bakteri. Namun, untuk melakukan grooming Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Biasanya grooming pada anjing juga akan disesuaikan dengan usia dan kondisi dari seluruh tubuh anjing. Selain itu, beberapa dokter hewan juga menganggap bahwa grooming harus dilakukan secara hati-hati. Hal ini yang membuat harus menyiapkan beberapa perlengkapan sederhana yang dibutuhkan untuk grooming pada anjing. Salah satu tips merawat anjing yang sangat dibutuhkan adalah grooming.

Perawatan anjing melalui grooming dilakukan dengan membersihkan kotoran yang menempel pada seluruh bagian tubuh, membuang bakteri atau kutu pada bagian kulit, mengurangi bau badan akibat bakteri atau kotoran permanen, serta menghaluskan bulu anjing yang tidak terawat. Biasanya bulu anjing seperti ini tampil dengan gimbal atau menggumpal. Bulu yang menggumpal ini akan menjadi sarang bakteri atau virus yang membuat seluruh tubuh anjing menjadi lebih buruk. Mungkin Anda juga bisa melakukan konsultasi kepada dokter atau perawat anjing yang memiliki saran terbaik dengan tata cara grooming mudah dan memberikan dampak yang lebih baik.

Tips melakukan grooming untuk anjing ras

Grooming yang dilakukan pada anjing biasanya disertai dengan pijatan halus. Penerapan ini akan memberikan kenyamanan pada anjing saat mendapatkan grooming dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, menurut beberapa dokter pijatan yang diberikan pada anjing akan menghasilkan stimulus berupa kelenjar sebaceous. Kelenjar ini nantinya berfungsi sebagai pelembab alami bagi kulit dan bulu anjing. Sehingga seluruh bagian kulit dan bulu terlihat lebih baik dan menarik. Untuk melakukan grooming, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut:

Selalu gunakan shampoo khusus. Untuk memulai grooming, jangan pernah menggunakan shampoo manusia pada anjing. Kandungan pada shampoo manusia dan anjing sangat berbeda. Hal ini yang membuat Anda harus menggunakan shampoo khusus anjing. Selain itu, kulit anjing yang cenderung basah memiliki pH sekitar 7. Hal ini yang membuat Anda harus lebih memilih penggunaan shampoo anjing. Bila Anda tetap memaksakan penggunaan shampoo manusia, maka kulit anjing akan terlihat sangat kering.

Jadwal rutin grooming. Tips merawat anjing melalui grooming membutuhkan penjadwalan rutin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh anjing. Jangan terlalu lama dan terlalu cepat dalam melaksanakan grooming pada anjing. Beberapa dokter hewan menyarankan untuk melakukan grooming sekitar dua bulan sekali. Perhitungan ini dilakukan dalam kondisi normal. Namun, bila anjing memiliki jamur atau penyakit jamur lainnya, sebaiknya gunakan bedak atau shampoo selama 2 minggu sekali.

Gunakan sisir khusus. Untuk merawat bulu anjing, selalu gunakan sisir khusus. Saat ini ada beberapa pilihan sisir yang bisa digunakan untuk menyaring bulu rontok. Penggunaan sisir seperti ini juga akan disesuaikan dengan karakter anjing ras. Beberapa anjing ras tentu saja memiliki karakter bulu yang sangat berbeda.

Selalu perhatikan kondisi kulit. Penggunaan beberapa perlengkapan seperti sisir dan sikat juga harus sangat hati-hati. Hindari penggunaan perlengkapan seperti ini bila pada kulit anjing memiliki benjolan atau kondisi tidak normal. Hal ini akan memberikan rasa nyeri yang cukup buruk pada kondisi anjing. Sebelum menyisir atau menyikat sebaiknya periksa seluruh bagian kulit terluar dari anjing. 

Gunakan air hangat. Kenyamanan pada saat grooming menjadi hal utama. Guanakan air hangat pada saat membersihkan seluruh tubuh anjing. Beberapa anjing ras memiliki sensitifitas yang cukup berbeda pada air. Hal ini juga memudahkan bakteri atau kotoran yang menempel semakin cepat memudar.

Perhatikan kondisi bulu saat grooming anjing

Bulu anjing menjadi elemen penting saat Anda memutuskan untuk menerapkan grooming. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan kondisi seluruh tubuh anjing dengan dampak pada bulu. Masing-masing anjing ras memiliki karakter bulu yang cukup berbeda. Beberapa anjing ras memiliki bulu yang cukup pendek, sementara lainnya memiliki ukuran yang cukup panjang. Perawatan bulu ini juga harus disesuaikan dengan perlengkapan yang lebih baik. Namun, satu hal penting yang akan menjadi pertimbangan bagi Anda yaitu menghindari gumpalan bulu pada saat melakukan grooming. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kondisi bulu saat grooming seperti:

Bulu tebal harus lebih intensif. Bagi anjing yang memiliki bulu cukup tipis atau pendek, mungkin Anda bisa melakukan penyikatan dan pembersihan hanya beberapa kali saja. Namun, pada anjing yang memiliki ukuran bulu cukup panjang sebaiknya dilakukan pembersihan secara intensif. Bulu anjing seperti ini harus disisir dan disikat secara perlahan dan berkali-kali. Sehingga seluruh bulu rontok tidak tertinggal di bagian dalam.

Angkat bulu rontok. Beberapa anjing yang sering mengalami bulu rontok biasanya akan meninggalkan jejak dimana-mana. Untuk mengantisipasi hal ini gunakan sisir khusus yang membuat seluruh bagian bulu rontok terangkat. Anda bisa menggunakan sikat slicker atau sikat pin yang memudahkan mengangkan seluruh bagian bulu rontok.

Rapikan bulu dengan baik. Gunakan sikat brisel yang cukup renggang untuk merapikan seluruh bagian bulu anjing. Tentu saja hal ini juga dilakukan untuk menghindari gumpalan pada bulu.

Nutrisi terbaik juga menjadi bagian dari grooming

Perawatan kulit dan bulu pada anjing melalui grooming tidak hanya dilakukan melalui beberapa perlengkapan khusus. Anda juga bisa mendukung hal ini melalui pemberian nutrisi seimbang dan makanan terbaik. Jangan pernah memberikan makanan yang mengandung bahan pengawet terlalu banyak. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan saran tentang makanan yang mengandung nutrisi terbaik untuk bulu dan kulit.
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net