Jumat, 08 April 2016

Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal - Cara budidaya ikan mas di kolam terpal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara budidaya ikan mas dengan menggunakan kolam tanah atau kolam beton. Menggunakan media kolam berupa terpal merupakan cara yang efektif dan efisien untuk membudidayakan ikan mas baik untuk dijadikan benih ataupun untuk pembesaran dan dijadikan sebagai konsumsi. Dua jenis ikan mas berupa benih dan pembesaran yang siap dikonsumsi sangat banyak diminati. Benih ikan mas dijual ke peternak ikan mas dan peternak ikan mas akan menjual hasil pembesaran ikan mas di pasar ataupun pada restoran yang mengolah ikan mas.

Peningkatan peminat ikan mas menjadikan usaha budidaya ikan mas ini semakin berkembang dan menjadi usaha yang cukup menjanjikan keuntungan. Cara budidaya ikan mas di kolam terpal yang tidak sulit juga mendorong banyak orang untuk mulai membuka usaha pembudidayaan ikan mas baik yang akan dijadikan sebagai benih maupun untuk dipelihara dan nantinya akan dijual. Budidaya ikan mas di dalam terpal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara budidaya ikan lele di kolam terpal, hanya saja kualitas air yang digunakan harus lebih bagus agar terhindar dari penyakit yang bisa mengganggu kesehatan ikan.

Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

Sama seperti budidaya ikan air tawar lainnya, kolam terpal ikan mas’ juga harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut akan dijelaskan cara budidaya ikan mas di kolam terpal baik untuk benih maupun pembesaran.

Tips Tahapan Budidaya

• Persiapkan kolam terpal
Sebelum membudidayakan ikan mas harus dipersiapkan terlebih dahulu kolam terpal yang akan digunakan. Buat kolam terpal di halaman rumah atau tempat lainnya yang akan digunakan. Buat kolam yang landai agar air mudah untuk dikeluarkan.

• Siapkan alat pemeliharaan
Persiapan alat untuk pemeliharaan juga harus disiapkan dengan matang. Alat yang digunakan berbeda dengan alat yang dibutuhkan dalam budidaya ikan bawal di kolam terpal. Banyak yang dibutuhkan agar ikan mas bisa berkembang dengan baik dan bisa dijadikan benih ataupun dibesarkan untuk dikonsumsi.

• Jaga suhu kolam agar tetap stabil
Menjaga suhu agar tetap stabil adalah cara budidaya ikan mas di kolam terpal yang harus diperhatikan. Suhu yang adalah dalam kolam tidak boleh terlalu panas dan terlalu dingin. Usahakan juga agar kolam tetap terkena matahari yang cukup.

• Jaga kualitas air
Kualitas air adalah hal yang harus diperhatikan dengan serius dalam pemeliharaan ikan mas. Air harus selalu bersih dan mempunyai kadar oksigen yang cukup demi berlangsungnya budidaya ikan mas menggunakan terpal ini.

Dalam melakukan budidaya ikan mas ini sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya yaitu dengan metode kolam air tenang dan metode air deras yang mengalir. Metode yang paling cocok untuk pembenihan biasanya metode air tenang agar ikan mas bisa memijah dan menghasilkan ikan anakan atau benih yang berkualitas. Sedangkan untuk pemeliharaan ikan mas yang akan dikonsumsi atau pembesaran bisa menggunakan metode air deras. Dengan air deras ikan mas akan lahap makan dan cepat menjadi besar. Cara budidaya ikan mas di kolam terpal bisa dilakukan baik metode air tenang ataupun deras.
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net